3 Fakta Penting Selama Trimester Kehamilan Pertama

Seperti yang kita tahu bahwa jika Anda mengalami trimester kehamilan pertama perlu Anda jaga baik-baik janin maupun bunda nya karena pada trimester pertama merupakan masa atau waktu yang paling penting untuk perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

Hamil menjadi salah satu kabar yang sangat bahagia untuk setiap pengantin baru. Tentunya jika kehamilan itu datang, akan menambah suasana baru di keluarga tercinta mereka. Oleh sebab itu, kehamilan merupakan suatu penantian yang selalu diidam-idamkan oleh setiap pasangan baru, khususnya yang sudah menikah. Namun tahukah Anda jika mengalami kehamilan, tentunya akan mengalami perubahan fisik maupun sifat pada bunda nya.

 

Oleh sebab itu, bagi para calon ibu sebaiknya dianjurkan untuk mempelajari beberapa cara untuk menjaga kondisi tubuh janin serta beberapa organnya, meskipun hal itu belum mulai sempurna. Namun hal tersebut merupakan hal yang sangat penting.

Bagi bunda yang mengalami kehamilan dan pada trimester pertama akan mengalami perubahan pada fisik dan juga psikologisnya. Oleh sebab itu, biasanya para bunda pada trimester pertama akan merasa tidak nyaman.

Adapun rasa tidak nyaman tersebut seperti merasa mual-mual, muntah, gampang capek ketika melakukan aktifitas dan juga merasa pusing. Perlu Anda ketahui bahwa trimester pertama ini merupakan suatu kehamilan pada usia 1 hingga 3 bulan.

Oleh sebab itu, pada trimester pertama merupakan waktu atau suatu proses pembentukan organ janin yang ada di dalam kandungan. Jadi untuk para bunda dianjurkan untuk selalu menjaga asupan makanan dan juga harus berhati-hati dalam melakukan aktivitas.

Pada trimester pertama ini merupakan masa rawan kehamilan jadi Anda diharuskan untuk menjaga baik-baik kandungan Anda. Nah, berikut 3 Fakta Penting Selama Trimester Kehamilan Pertama yang perlu Anda ketahui agar janin Anda sehat hingga melahirkan.

3 Fakta Penting Selama Trimester Kehamilan Pertama

  1. Fakta Pertama

Fakta pertama, bayi yang ada di dalam kandungan akan berkembang secara genetik yang mana berasal dari kromoson. Nah kandungan itulah yang menjadi satu-satunya tempat untuk janin agar merasa nyaman.

Oleh sebab itu, jika Anda mengalami kehamilan, Anda dianjurkan agar bisa menjaga kandungan dengan sebaik-baiknya yang merupakan tempat ternyaman bagi janin agar janin yang ada di dalam kandungan selalu merasa nyaman setiap waktu.

Jadi sangat disarankan agar mengonsumsi asupan makanan yang berigizi agar kandunganya selalu  kuat dan janin akan merasa nyaman didalam kandungan.

  1. Fakta Kedua

Fakta kedua, jika Anda mengalami keguguran sebaiknya telusuri terlebih dahulu akibat terjadinya keguguran itu. Bisa timbul dari masalah kromoson atau memang berasal dari kandunganya.

Jika masalah tersebut timbul karena kandunganya, biasanya terjadi karena pecah nya ketuban karena pecah ketuban dini dapat mengakibatkan terjadinya keputihan dan infeksi pada kandungan

Oleh sebab itu, selaput ketuban akan meradang, gampang pecah dan tipis. Selain itu, bisa juga terjadi karena terjadinya infeksi vagina, demam pada bunda yang sedang hamil atau bahkan sakit gigi.

Jadi bayi yang ada di dalam kandungan biasanya tidak masalah, namun tempatnya lah yang masalah. Jadi Anda juga harus bisa membedakan masalah nya keguguran, dari bayi nya atau tempatnya.

Nah jika memang masalah yang timbul dari kromoson dan secara tiba-tiba bayi yang ada di dalam kandungan meninggal, memang mungkin terjadi maslah pada kromoson yang harus di teliti oleh dokter kandungan.

  1. Fakta Ketiga

Fakta ketiga, pada timester pertama kehamilan merupakan masa-masa yang memang bisa dikatakan sangat rawan bagi para ibu hamil. Oleh sebb itu, melakukan olahraga pada trimester pertama gak selalu disarankan.

Biasanya para ibu hamil melakukan olahraga pada timester kedua yang mana usia kandungan kurang lebih sudah 4 bulan ke atas. Adapun olahraga nya seperti berenang atau jalan-jalan dipagi hari.

Nah setelah itu pada trimester ketiga, para ibu hamil sangat dianjurkan untuk melakukan senam hamil agar tidak sering sakit pinggang untuk menguatkan tulang belakang.

Jadi intinya adalah jika Anda sudah memastikan positif hamil, Anda harus siap mengalami beberapa perubahan pada trimester pertama. Karena mulai trimester pertama inilah kehamilan akan selalu diproduksi hingga usia kandungan mencapai 9 bulan.

Oleh sebab itu, Anda harus menjaga segala asupan serta makanan bergizi yang masuk ke dalam tubuh agar janinya selalu nyaman dan juga kadunganya kuat. Semoga informasi mengenai 3 Fakta Penting Selama Trimester Kehamilan Pertama bermanfaat bagi Anda.