4 Cara Menstabilkan Ping Game Online di Android Agar Stabil

4 Cara Menstabilkan Ping Game Online di Android Agar Stabil – Ping adalah salah satu cara untuk membuat koneksi internet stabil. Biasa digunakan untuk mempercepat internet pada sebuah komputer untuk keperluan browsing, download, atau bermain game online. Selain itu juga bisa digunakan untuk menstabilkan koneksi di android. Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara menstabilkan ping game online di android agar stabil.

Ping game online juga bisa dilakukan sebagai cara untuk mengetahui seberapa bagus koneksinya. Apabila ukuran ping semakin kecil maka koneksinya semakin bagus. Maka dari itu supaya koneksinya bagus harus dimaksimalkan ukuran pingnya. Mengenai cara menstabilkan ping game online di android agar stabil ada pembahasannya di bawah ini.

Ada banyak sekali game online yang bisa dimainkan android, kepopulerannya bahkan bisa mengalahkan game PC. Sebut saja AOV, Mobile Legends, Free Fire, Crisis Action, dan lain sebagainya. Meski seru tapi game tersebut kadang membuat server gamenya menjadi buruk dan akhirnya mengalami lag. Apalagi pada game yang paling banyak pemainnya seperti Mobile Legends.

Supaya bisa menjadi lebih stabil banyak cara yang dilakukan, salah satu cara termudah adalah menggunakan Ping atau Packet Internet Gopher. Cara kerja dari ping adalah dengan mengirimkan lalu menerima data ke server agar koneksi dari internet menjadi stabil.

Beberapa hal yang memengaruhi besar kecilnya ping adalah kegiatan upload, download, sinyal yang terganggu, dan jarak antara server dan client. Jika menstabilkan ping di PC menggunakan cmd atau command prompth tapi jika di android dengan cara apa ya?

Ada 4 cara yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut.

1. Gunakan Server Indonesia

Pada setiap game online kebanyakan memiliki pilihan server, mulai dari server Asia, Amerika, dan Eropa. Jika ada pilihan server Indonesia pada game yang Anda mainkan maka lebih baik pilih ini saja. Dengan demikian, jarak Anda dengan lokasi server akan menjadi lebih dekat.

Semakin dekat jarak client (pemain game) dan server maka tingkat lag akan berkurang bahkan hilang. Pastinya game online yang Anda mainkan akan menjadi sangat stabil.

Baca juga: 2 Trik Cara Mendapatkan Senjata Gratis PB Garena Terbaru 2018 Ampuh

2. Gunakan SIM Card yang Paling Bagus

Sering kali koneksi dari sebuah SIM Card mempengaruhi kestabilan dari sebuah ping maupun hal lainnya. Setiap SIM card yang ada di Indonesia punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kadang ada yang sering hilang sinyal, koneksi internet lemot, dan lain sebagainya. Jika masalah itu ada maka semakin mempengaruhi tingkat lag dari sebuah game online.

Masalah-masalah yang dihadapi akan tergantung daerahnya. Jika sebuah kartu SIM koneksinya stabil di satu tempat, tidak menjamin hal yang sama di tempat lain. Maka dari itu, ketika memainkan game online Anda harus menggunakan kartu yang paling cocok dengan daerah Anda.

Pilih kartu SIM yang sinyalnya paling stabil, biasanya akan stabil jika sudah tersedia sinyal 4G. Bisa juga dengan memilih kartu yang penggunanya paling sedikit di daerah Anda. Cara ini cukup efektif karena semakin banyak pengguna SIM card maka kualitasnya menjadi lebih jelek. Jika semakin sedikit maka akan terjadi kebalikannya.

Lalu bisa perhatikan juga paket internet yang Anda pilih. Agar lebih baik maka hindari paket unlimited karena biasanya akan ada batas pemakaian wajarnya, jika sudah melebihi batas maka koneksi akan terganggu bahkan membuat Anda tidak bisa memainkan game sama sekali.

3. Gunakan Aplikasi Ping Tool Pro

Ada banyak masalah pada smartphone android yang bisa diselesaikan menggunakan aplikasi. Termasuk untuk cara menstabilkan ping game online di android. Aplikasi yang bisa digunakan salah satunya Ping Tools Pro, jika Anda ingin download maka link downloadnya di sini.

Setelah didownload dan sudah ada di hp Anda maka lakukan pengaturan. Caranya sebagai berikut.

  • Buka tanda tiga garis kemudian nanti akan muncul berbagai pilihan. Klik opsi Ping.
  • Kemudian buka opsi Settings dan klik opsi Made HTTP. Lalu hilangkan pilihan Pings count infinitely.
  • Selanjutnya klik Save.
  • Selesai.

4. Hindari Menggunakan VPN

Ketika Anda bermain game online akan lebih baik jangan menggunakan VPN. Meski pada beberapa game seperti Mobile Legends, VPN bisa bermanfaat tapi pada umumnya membuat ping jadi tidak stabil atau naik.

Baca juga: Cara Menggunakan Kuota Videomax Untuk Game Online Mobile Legends

Demikianlah informasi mengenai cara menstabilkan ping game online di android agar stabil. Semoga tipsnya bermanfaat sehingga Anda bisa bermain game online dengan lebih menyenangkan.