Bisnis Showroom Jual Motor Baru dan Bekas ? Ini Tipsnya

Bisnis di dunia otomotif ternyata cukup luas dan bisa dikembangkan dari banyak sisi. Selain bisa berbisinis dalam hal jual beli kendaraan bermotor, menjual aksesoris, dan bengkel, Anda pun bisa membuka bisnis showroom kendaraan bermotor bekas dan baru. Teknik untuk jual motor baru dan bekas memang susah-susah gampang. Untuk itu anda perlu baca artikel ini.

Tentunya untuk bisa membuat showroom tersebut harus memiliki persiapan yang cukup matang dan juga modal yang tidak sedikit. Oleh karena itu, sebelum Anda membuka showroom tersebut, sebaiknya simak dulu Tips di bawah ini!

Tips Membuka  Bisnis Showroom Jual Motor Baru dan Bekas

  1. Tentukan Lokasi Usaha yang Sesuai

Membuka bisnis showroom sepeda motor baru dan bekas ini jelas saja memerlukan ruangan yang cukup luas dan memadai. Karena itu Anda harus menentukan terlebih dahulu lokasi usaha yang sesuai.

Namun, pemilihan lokasi usaha ini tidak mutlak harus dilakukan. Dengan modal yang minim Anda bia membuat lokasi showroom motor di depan rumah jika memang kondisinya ramai dengan lalu lintas kendaraan yang berlalu-lalang di tempat tersebut.

Intinya untuk menentukan lokasi usaha ini harus melihat tempat yang strategis. Jika kurang strategis, Anda bisa menyewa tempat yang dirasa layak dan menyewa tempat tersebut.

  1. Mempersiapkan Motor Baru dan Bekas yang Akan Dijual Kembali

Karena Anda akan membuka showroom motor, jelas saja harus diperhatikan dalam pembelian motor baru atau pun bekas.

Pada dasarnya, pembelian jumlah motor tersebut tergantung modal yang Anda miliki. Jadi, tidak ada batasan dan juga ketentuan dalam hal jumlah.

Untuk pembelian motor baru sendiri pastikan Anda bisa membeli motor baru di dealer resmi dengan sistem cash.

Nah, jika Anda akan menjual kembali motor bekas, maka yang harus diperhatikan dalam pembelian motornya adalah sebagai berikut;

  • Kondisi Sepeda Motor masih memiliki mesin yang baik dan layak serta body yang masih oke.
  • Harga sepeda motor sedikit lebih murah dibandingkan yang baru
  • Sepeda motor dilengkapi surat resmi seperti STNK dan BPKB.
  • Waspada jika ada yang menjual motor pada Anda dengan harga yang murah tetapi tidak dilengkapi dengan surat-surat resmi. Karena boleh jadi kendaraan tersebut adalah kendaraan curian.
  1. Menyiapkan Biaya Promosi

Setelah menyiapkan lokasi tempat usaha dan motor yang akan dijual kembali. Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menyiapkan biaya promosi.

Biaya tersebut penting untuk dsiapkan karena inti dari penjualan adalam mempromosikan barang jualan tersebut.

Media promosi yang bisa Anda anggarkan adalah brosur, spanduk, reklame, memasang iklan di media cetak dan online, merekrut freelance marketing.

Brosur yang Anda buat nanti bisa dibagikan kepada masyarakat yang ada dilingkungan sekitar. Merekrut freelance marketing tujuannya untuk membantu Anda hingga kendaraan tersebut bisa terjual sesuai harapan.

Selain media promosi berbayar, Anda pun bisa memanfaatkan sosial media untuk promosi gratis. Yaitu lewat facebook, Instagram, youtube, dan lain sebagainya.

Pilih pula market palce terbaik di negeri ini menurut Anda yang bisa menunjang penjualan motor bekas maupun baru.

Sistem penjualan online ini biasanya menjangkau wilayah hingga luar pulau. Selain itu, manfaatkan pula facebook dan Instagram adsense agar penjualan Anda bisa terlihat secara signifikan.

Sebenarnya, jika Anda memanfaatkan promosi lewat media sosial, maka akan mengurangi cost biaya dalam pembuatan spanduk, brosur, dan lain sebagainya. Mengingat di zaman ini banyak orang yang lebih menggunakan online dibandingkan offline.

Perekrutan marketing online pun perlu diperhatikan. Tidak sekedar merekrut seseorang yang butuh pekerjaan.

Anda harus melatih mereka agar bisa menjadi seorang marketing terbaik. Maka tidak ada salahnya untuk mengadakan pelatiihan yang diisi oleh trainer mutakhir untuk melatih marketing Anda tersebut.

Hal tersebut perlu diperhatikan dan dipersiapkan, mengingat membuka showroom bukan hanya menjual produk saja, melainkan membuka jasa dan pelayanan agar konsumen Anda bisa loyal.

Tidak ada artinya bila produk yang Anda miliki sangat bagus dan berkualitas, tetapi dalam pelayanan sangat kurang.

Bila hal tersebut terjadi, maka konsumen pun tidak akan membeli produk di tempat Anda ataupun merekemondasikan pada orang lain.

Penutup

Nah, itulah tips agar membuka showroom jual motor bekas dan baru bisa laku dipasaran. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda dan sukses selalu.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *