Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Benar untuk Pemula

Aktivitas memandikan bayi tentunya hal yang sangat menyenangkan bagi orangtua yang baru memiliki anak, terlepas dari itu memandikan bayipun sering ditakutkan oleh sebagian orangtua dimana kondisi fisik  bayi masih sangat rentan. Tetapi jangan terlalu khawatir karena berikut akan dipaparkan tentang cara memandikan bayi baru lahir yang benar bagi pemula. Dan ini dia ulasannya.

Tahapan memandikan bayi

Bagi orang tua yang baru memilik anak pertama tentu membayangkan bagaimana cara memandikan bayi dengan posisi yang benar dan aman.

Sebelum benar – benar mempraktekan  cara memandikan bayi ini, sebaiknya pelajari dahulu tentang tahapan memandikan bayi.

Pada dasarnya memandikan bayi bukanlah hal sangat sulit untuk dilakukan, Anda akan terbiasa melakukan hal tersebut jika tahu cara – cara memandikan bayi yang benar.

Sebelum ke tahap memandikan bayi hal yang penting untuk   dipersiapkan adalah sebagai berikut;

  1. Menyiapkan handuk dan baju ganti. Kemudian bentangkan handuk ditempat tidur, siapkan popok bersih dan bajunya.
  2. Siapkan air hangat 32 derajat celcius sekitar 10 cm
  3. Siapakan gayung
  4. Gunakan produk pembersih bayi dengan label soap free untuk menghindari kulit kering.

Yang harus anda perhatikan adalah ruangan untuk memandikan bayi tetap dalam suhu hangat. Tempatkan perlengkapan mandi bayi dengan tempat yang mudah dijangkau oleh tangan agar memudahkan proses memandikan bayi.

Cara Memandikan Bayi

Setelah anda menyiapkan perlengkapan mandi bayi, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui cara memandikan bayi, diantaranya:

  1. Buka pakaian bayi diatas tempat tidur, lalu bawa ke bak mandi
  2. Posisi memandikan bayi: masukan dulu bagian kaki bayi, kemudian satu tangan menopang leher, kepala hingga punggung, siramkan air hangat ke tubuh bayi berulangkali dengan tangan agar tidak kedinginan, metode ini juga bisa dipakai untuk cara membalikan badan bayi saat mandi.
  3. Gunakan sabun lembut dan pakailah sehemat mungkin jangan terlalu banyak karna akan menimbulkan kulit bayi kering. Usapkan tangan atau waslap ke sabun lalu usapkan ke seluruh bagian tubuh bayi dari atas, depan, belakang dan bawah.

Jika ada kotoran mata disudut mata atau lubang hidungnya usap beberapa kali untuk melembutkannya sebelum dibasuh. Karena bagian genital bayi adalah bagian yang harus sering dibersihkan.

  1. Guyur kepala bayi dan seluruh tubuh bayi secara perlahan dengan gayung
  2. Setelah disabun, bilas tubuh bayi dengan mengalirkan air ke seluruh bagian tubuh dan lap tubuhnya dengan waslap kering.

Lalu angkat bayi dengan tangan kiri menopang bagian kepala dan leher dan tangan kanan anda menopang pantatnya (jemari anda menggenggam pahanya).

  1. Setelah selesai dan bayi keluar dari bak mandi anda langsung bisa menyelimutinya dengan menggunakan handuk lembut. Setelah itu keringkan dengan perlahan dan lembut.
  2. Letakkan bayi diatas handuk yang sudah dibentangkan dan keringkan tubuh bayi. Jika masih ada kulit ari yang menempel sejak ia lahir gunakan cairan pemebersih tubuh seperti lotion.
  3. Untuk menjaga kelembapan kulit bayi, bisa mengoleskan krim lotion diarea popok. Bedak bayi juga bisa anda gunakan untuk mencegah terjadinya biang keringat. Setelah itu juga bisa menggunakan minyak telon agar tubuh bayi tetap hangat.

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah seminggu pertama bayi baru lahir sampai tali pusat putus dan pusarnya sembuh (tidak lagi meradang) cara memandikan bayi hanya menggunakan spons mandi dan waslap basah. Bersihlan tangan, wajah, dan area genitalnya setiap kali berganti popok.

Setelah sisa tali pusat mengering dan lepas dengan sendirinya maka inilah saatnya anda bisa menggunakan bak mandi ukuran besar dan juga kecil.

Waktu Terbaik Memandikan Bayi

Setelah anda mengetahu cara memandikan bayi yang benar diatas maka ada hal yang harus diperhatikan lagi untuk para orangtua kapan waktu memnadikan bayi yang terbaik.

Hindari memandikan bayi setelah anda memberinya ASI, karena hal tersebut akan membuat si bayi tidak nyaman saat anda mandikan. Setelah itu perut bayi yang tertekan akan membuat bayi muntah.

Pada akhirnya cara memandikan bayi yang baik adalah di pagi hari ketika kondisi bayi sedang baik dan tidak sedang mengantuk. Jangan lupa untuk tetap menjaga bayi agar tidak kedinginan.

Bagaimana, Anda siap untuk memandikan bayi baru lahir? Semoga informasi di atas bisa membantu Anda.