Inilah Keuntungan dan Kelemahan Deposito Bank

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa aspek finansial atau keuangan menjadi salah satu hal yang wajib untuk kita perhatikan. Hal itu karena memang keuangan atau bagian financial tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Bagi sebagian orang yang memiliki uang yang yang lebih tentu saja mampu untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Namun bagi sebagian lagi tentu saja uang yang dihasilkan harus disesuaikan dengan kebutuhan , dan yang paling penting adalah menyisihkan sebagian uang untuk kemudian ditabung atau disimpan. Tabungan atau simpanan uang inilah yang kemudian bisa menjadi dana yang dapat digunakan untuk kebutuhan mendesak, atau tidak terduga yang sifatnya sangat penting. Mungkin banyak dari Anda yang memiliki tabungan baik itu berupa tabungan langsung atau pun deposito.

Uang yang ada di bank sendiri ada berbagai macam yaitu bisa dalam bentuk tabungan maupun deposito. Tabungan langsung yaitu tabungan yang biasanya kita miliki yaitu dengan menabung sejumlah uang kepada bank dan sebagai bukti transaksi tersebut biasanya kita akan mendapatkan berupa buku tabungan serta kartu debit yang bisa kita lakukan transaksinya di ATM hanya dengan menggesekkan kartu pada mesin debit atau menggesekan kartu pada mesin ATM kita bisa mengambil uang simpanan kita dalam jumlah yang sesuai kapan saja dan di mana saja.

Berbeda dengan deposito yang memiliki mekanisme cukup unik yaitu ketika kita menabungkan sejumlah uang pada bank kita hanya diperbolehkan untuk mengambil uang itu pada jangka waktu tertentu dengan bunga atau selisih yang sudah disepakati pada awal perjanjian. Mungkin bagi Anda yang masih awam dalam urusan perbankan tentu saja ingin mencoba transaksi finansial berupa deposito. Tidak perlu khawatir karena kali ini kami akan memberikan sebuah tips dalam bentuk artikel yaitu Inilah Keuntungan Dan Kelemahan Deposito Bank.

Keuntungan dan Kelemahan Deposito Bank

Informasi ini tentu saja bisa sangat bermanfaat bagi Anda sebelum menyimpan uang di bank terutama dalam bentuk deposito

Keuntungan Deposito

  • Media investasi yang sangat menguntungkan

Menggunakan deposito sebagai salah satu bentuk saving adalah pilihan yang tepat, mengingat deposito menjamin yang yang anda simpan akan aman dengan sejumlah suku bunga yang relatif tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. Dengan menggunakan deposito, tentu saja anda bebas terhindar dari penurunan harga uang tidak seperti obligasi maupun saham. Deposito sangat cocok bagi anda yang ingin menabung sekaligus mendapatkan untuk dengan resiko seminimal mungkin.

  • Suku bunga tinggi

Palasan mengapa orang berlomba-lomba dalam menyimpankan uangnya dalam bentuk deposito adalah karena deposito menjanjikan suku bunga tinggi jika dibandingkan dengan jenis tabungan biasa. Tidak hanya itu, jika menabung biasa anda akan dikenakan biaya admin tiap bulan, lain dengan deposito yang sama sekali tidak akan memotong uang pokok yang anda simpan.

  • Resiko kerugian kecil

Berbagai bank khusunya bank nasional yang menyediakan penyimpanan uang dalam bentuk deposito sudah legal, artinya uang anda sudah mendapatkan perlindungan dari LPS atau lembaga penjamin simpanan. Bahkan jika bank tempat anda menyimpan uang mengalami pailit, LPS akan menjamin nasbah akan mendapatkan uangnya lembali dengan total deposito maksimal 2 milyar. Dengan catatan, bank tersebut sudah terdaftar pada LPS.

Kelemahan deposito

  • Hasil timbal balik yang rendah

Deposito memang menjanjikan suku bunga yang tinggi jika dibandingkan dengan tabungan biasa. Namun tahukah anda bahwa ika disandingkan dengan saham maupun obligasi, ternyata deposito mmemberikan hasil timbal balik yang relatif rendah untuk nasabahnya.

  • Deposito akan lemah terhadap inflasi

Dalam artian jika terjadi inflasi yang tinggi, maka walaupun suku bunga yang dijanjikan tinggi itu tidak akan artinya. Hal tersebut karena ketika inflasi, ada besaran pajak yang harus dibayarkan oleh anda para nasabah

Itulah Keuntungan Serta Kelemahan Deposito Bank yang sudah kami rangkum hanya untuk anda. Yang jelas ketika anda memutuskan untuk menyimpan uang dalam bentuk deposito , ada harus tahu dan paham betul bahwa uang tersebut akan disimpan dalam jangka waktu tertentu. Dengan demikian sehingga apabila ada kebutuhan yang mendesak ada sebaiknya sudah memiliki cadangan atau simpanan uang dalam bentuk lain sehingga deposito yang sudah ada setoran di bank tidak akan terganggu. Semoga informasi tersebut memberikan manfaat bayi Anda , dan jangan takut untuk berdeposito karena deposito sangat menjanjikan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *