Manfaat dan Cara Kerja Sistem Disbursement untuk Bisnis Anda

Dalam dunia bisnis, pernahkah Anda mengenal istilah disbursement? Istilah ini cukup sering muncul, terlebih untuk Anda yang bergerak dunia keuangan. Secara praktis sebenarnya istilah ini digunakan untuk menyebutkan aktivitas pembayaran atau pengeluaran yang dilakukan dari satu pihak ke pihak lain. Tentu saja, aktivitas ini sering sekali terjadi, terlebih di era serba digital seperti sekarang.

Pembayaran dan pengeluaran yang dilakukan ini dalam konteks bisnis antar mitra. Jadi ketika Anda memiliki bisnis atau perusahaan, sistem disbursement akan digunakan ketika Anda akan menyalurkan dana secara otomatis ketika terjadi permintaan yang telah dikonfirmasi oleh kedua belah pihak. Jadi, transaksi bisa selesai dalam waktu lebih singkat dan efektif.

Cara Kerja Disbursement pada Bisnis

Sumber : freepik.com

Sebenarnya cara kerja disbursement sendiri cukup sederhana. Untuk sekedar contoh, Anda bisa melihatnya dalam beberapa poin berikut ini.

  1. Pertama, user akan melakukan permintaan penarikan atau pengiriman dana secara langsung di website atau aplikasi yang telah menerapkan sistem disbursement tersebut.
  2. Selanjutnya, jika website atau aplikasi menerima permintaan yang diajukan user, maka permintaan ini akan diteruskan ke payment gateway, yang secara langsung mengelola urusan transaksi online.
  3. Informasi yang diperoleh oleh payment gateway ini kemudian diteruskan ke bank atau badan keuangan terkait untuk menentukan otorisasi pengiriman dana yang diminta. Payment gateway juga bertugas melakukan pemeriksaan ganda pada informasi yang diberikan untuk menghindari kesalahan transfer.
  4. Jika otorisasi yang dilakukan berhasil, maka user akan mendapatkan dana yang dimintanya ke rekening atau cara lain yang sudah dipilih secara langsung.

Cukup sederhana dan mudah dipahami bukan proses dari sistem disbursement ini?

Ini 5 Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Sumber : freepik.com

Secara umum, manfaat utama dari layanan disbursement ini sendiri sebenarnya serupa dengan payment gateway, yakni meningkatkan efektivitas transaksi yang dilakukan. Jadi, user, siapapun mereka, bisa melakukan transaksi dengan jauh lebih mudah. Pun dari sisi bisnis yang Anda kelola, transaksi pembayaran yang lebih cepat selesai akan lebih baik untuk proses bisnis bukan?

Secara detail, mungkin ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pengaplikasian sistem disbursement secara langsung.

1.   Fleksibilitas Pembayaran

Dengan layanan disbursement, pembayaran yang dilakukan perusahaan bisa terjadi lebih fleksibel. Hanya dengan satu akun rekening bank saja, semua permintaan pembayaran bisa diselesaikan. Tentu ini baik, karena perusahaan tak perlu repot membuat banyak akun bank atau akun pembayaran untuk melayani setiap permintaan dan keperluan pembayaran.

2.   Pencatatan Biaya Jelas

Karena bisa menggunakan satu rekening saja untuk melakukan berbagai pembayaran bisnis, maka Anda tak perlu memikirkan biaya bulanan akun lain. Biaya administrasi penggunaan jasa disbursement juga akan tercatat jelas di dalam sistem secara transparan, sehingga pencatatan ke buku besar bisa dilakukan dengan jauh lebih detail dan valid.

3.   Pembayaran ke Banyak Akun

Dalam waktu singkat, seluruh urusan pembayaran dan penarikan dana pada perusahaan Anda bisa dilakukan ke banyak akun sekaligus. Biasanya layanan disbursement akan menyediakan fitur pembayaran seperti ini untuk menunjang kemudahan penggunaan layanannya. Lagipula jika sudah tersistem, tak lagi perlu harus melakukan transaksi secara manual satu per satu bukan?

4.   Pembayaran tanpa Penundaan

Sesaat setelah transaksi diminta oleh pelanggan, seluruh proses yang dijelaskan di poin sebelumnya akan berjalan. Dalam waktu singkat, mungkin hitungan detik saja, transaksi akan bisa terkonfirmasi. Semakin cepat proses maka semakin nyaman user yang Anda miliki bukan?

5.   Data Lengkap dan Detail

Salah satu kelebihan fitur atau layanan pengelolaan transaksi online seperti ini tentu adalah rincinya pencatatan yang dilakukan pada setiap jenis transaksi. Transaksi untuk berbagai keperluan bisa tercatat dengan sistematis, sehingga memudahkan proses pemindahan ke buku besar. Secara praktis, data yang valid ini akan membantu kejelasan buku besar Anda, sesuai dengan kondisi riil bisnis.

Pengintagrasian Sistem Pengelolaan Transaksi Online

Sumber : freepik.com

Tidak sedikit penyedia sistem pengelolaan transaksi online yang saat ini bisa Anda dapatkan. Namun demikian, pastikan setiap sistem yang digunakan tersebut bisa dengan mudah terintegrasi dengan bisnis Anda. Baik layanan disbursement atau payment gateway, pastikan semua dengan mudah bisa terhubung, diatur sesuai keperluan, dan difungsikan sebagaimana mestinya. Hal ini terdengar sederhana, namun sangat krusial untuk efektivitas bisnis yang Anda jalankan.

Pastikan juga semua layanan yang diberikan sudah menjamin perlindungan data sensitif setiap user dan data bisnis Anda, sehingga resiko kebocoran data bisa dieliminir dari penggunaan sistem pengelolaan ini. Jangan sampai maksud hati ingin membuat semua efektif malah berujung kerugian besar akibat kebocoran data.

Sistem disbursement merupakan satu cara untuk membuat user atau pelanggan Anda nyaman dengan bisnis yang Anda kelola. Sama halnya dengan layanan payment gateway, sistem tersebut juga mengutamakan otomatisasi proses, perlindungan data, serta kecepatan transaksi. Nah, untuk layanan payment gateway sendiri, Anda bisa menggunakan Jokul by DOKU guna mendukung pengelolaan bisnis Anda. Pencatatan setiap transaksi akan berjalan lancar dan detail, serta ketersediaan berbagai metode pembayaran akan membuat pelanggan setia Anda merasa nyaman. Gunakan sekarang juga, dan rasakan manfaatnya!

Related Posts