Serba-Serbi Internet, Sejarah Hingga Perkembangannya Kini

Keberadaan internet nyata-nyata memberikan banyak sekali kemudahan untuk seluruh umat manusia. Sistem persebaran informasi yang terintegrasi, jaringan yang saling terhubung, serta akses yang mudah didapatkan, dampak internet kepada perkembangan umat manusia dapat dikatakan sangat besar. Namun tahukah Anda internet awalnya hanya dapat menghubungkan 2 komputer dan mengirimkan kode biner sederhana?

Internet, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, didefinisikan sebagai jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit. Dengan melihat pengertian ini, dapat dikatakan bahwa pada dasarnya internet adalah penghubung satu perangkat ke perangkat lain dengan cakupan seluruh dunia.

Sejarah dan Perkembangan Internet

Ungkapan ‘Jangan pernah melupakan sejarah’ mungkin tepat untuk memulai bagian ini. Internet yang saat ini ada, dan bisa Anda gunakan setiap saat, bermula jauh pada tahun 1969, ketika peneliti di Universitas California mengembangkan proses pengiriman data dalam bentuk kode biner antara dua komputer yang ada. Setelah berhasil, hal ini kemudian dikembangkan oleh pemerintah Amerika dengan tajuk ARPANET atau Advanced Research Project Agency Network.

Awalnya ARPANET dikembangkan untuk tujuan militer. Namun seiring perkembangannya, ternyata dapat digunakan untuk keperluan sipil. Pada tahun 1971, pertama kali dilakukan pengiriman surat elektronik dengan penggunaan kode ‘@’ untuk memisahkan nama pengguna dan jaringan yang digunakan.

Pada tahun 1983 baru kemudian istilah ‘internet’ pertama kali digunakan dengan mengimplementasikan TCP/IP atau Transmission Control Protocol/Internet Protocol pada sistem jaringan yang ada. Di sini titik awal dimana peneliti mencoba menghubungkan banyak komputer pada satu jaringan sehingga dapat bekerja dengan data yang saling terintegrasi, seperti yang sekarang ini ada.

Jika Anda mencermati, ada 3 huruf ‘w’ yang ada pada setiap situs yang di internet. ‘www’ atau World Wide Web muncul pada tahun 1990 oleh tim pengembang dari CERN. ‘www’ ini kemudian berguna untuk menelusuri situs website yang sudah tersedia, pada kisaran tahun yang sama, yakni 1994, kemudian muncullah penyedia surat elektronik bernama Yahoo. Google sendiri baru muncul pada tahun 1998.

Di era tahun 2000-an hingga 2010, terdapat beberapa kejadian yang cukup ikonik. Mulai dari kemunculan raksasa media sosial Facebook pada tahun 2003 (awalnya bernama thefacebook.com dan digunakan untuk menghubungkan internal mahasiswa Harvard oleh Mark Zuckerberg), kemunculan ponsel pintar berbasis internet iPhone generasi pertama, dan ulang tahun kemunculan internet ke 40 pada tahun 2009. Pada tahun 2010 kemudian muncul media sosial lain yakni Pinterest dan Instagram.

Hingga saat ini, internet sudah menjadi kebutuhan pokok untuk sebagian besar manusia di dunia. Terlebih, konsep Internet of Things yang kini mulai merebak dan diaplikasikan menjadikan entitas ini sebagai hal fundamental dalam kehidupan manusia di masa yang akan datang.

Kemudahan dengan Pemanfaatan Internet

Keberadaan teknologi, dan berbagai hal yang menyertainya, adalah bertujuan untuk memudahkan pekerjaan dan kegiatan manusia. Dengan hadirnya internet untuk semua orang, banyak sekali kemudahan yang kini dapat Anda rasakan. Anda bisa berkomunikasi dengan siapapun di belahan dunia manapun secara real-time, tanpa perlu berkirim selembar kertas dan menunggu berbulan-bulan.

Tidak hanya itu saja, keterhubungan satu orang dengan orang lain di berbagai penjuru dunia juga memungkinkan banyak pekerjaan dilakukan tanpa harus bertemu secara fisik atau bahkan memiliki kantor. Meeting yang dilakukan secara online, pekerjaan yang diselesaikan tanpa perlu menggunakan kertas atau pena, dan masih banyak lagi kemudahan yang tercipta berkat keberadaan internet.

Akses dan jaringan informasi yang kini sudah tersedia untuk semua orang sudah menjadi satu kebutuhan pokok. Perkembangan peradaban tidak dapat dipungkiri sudah melekat dengan perkembangan internet itu sendiri. Berbagai penemuan dan inovasi terus berkembang, sehingga semakin banyak pekerjaan dan kegiatan yang akan terasa dimudahkan.

Jasa Penyedia Layanan Internet

Karena sudah dapat diakses oleh banyak orang, kemudian banyak pula provider yang berupaya memberikan dan menawarkan layanan untuk mengakses internet. Prioritas layanan yang difokuskan pada kecepatan dan kestabilan serta harga yang terjangkau jadi andalan. Provider internet murah kian bermunculan dan mencoba menawarkan layanan yang dapat membantu Anda mengakses internet dengan semakin cepat dan efektif.

Biznet, dalam hal ini, merupakan jasa penyedia layanan internet yang sudah sangat berpengalaman. Dengan penawaran paket internet murah yang disediakan, Biznet tidak kemudian mengurangi kualitas layanannya. Layanan prima tetap diberikan pada setiap paket yang ditawarkan, agar Anda dapat memiliki pengalaman berinternet yang baik. Paket internet murah yang disediakan juga dapat memenuhi setiap kebutuhan Anda, karena varian yang ada juga tergolong lengkap, baik untuk bekerja, mengakses layanan streaming, atau bermain game. Segera bergabung dengan layanan berkualitas dari Biznet, dan rasakan pengalaman berinternet yang terbaik!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *