Tips Jual Laptop Supaya Cepat Laku dengan Harga Tinggi

Bagi anda yang sedang punya niat jual laptop, supaya mendapatkan benefit maksimal dari penjualan laptop bekas anda, ada baiknya anda perhatikan hal-hal dibawah ini.

Perangkat komputer lipat atau yang kita kenal dengan sebutan Laptop adalah barang elektronik yang sekarang ini telah merata hampir dimiliki oleh setiap orang terutama kalangan pelajar, mahasiswa dan pekerja kantoran. Fungsinya tentu sebagai penunjang dan pembantu dalam penyelesaian beragam tugas baik itu editing, designing, browsing, dan banyak hal lainnya. Karena penggunaannya yang multitasking tak heran bila laptop menjadi barang yang banyak dicari orang. Hanya saja memang harga per unit untuk perangkat portable komputer ini tidaklah murah sehingga sebagian orang lebih memilih membelinya dalam kondisi bekas pakai.

Pilihan laptop yang dapat dipergunakan juga cukup beragam dan dari merek yang berbeda-beda. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing baik dari sisi kualitas fisik ataupun dalamannya.

Tips Jual Laptop Supaya Cepat Laku dengan Harga Tinggi

Selain banyak orang yang mencari laptop, sebagian juga banyak yang menjualnya karena alasan yang cukup variatif seperti ingin upgrade ke spek laptop yang lebih gahar, bosan dengan laptop yang dimiliki dan atau karena kebutuhan mendesak dan membutuhkan uang segera.

Apabila anda termasuk yang hendak menjual laptop yang dimiliki karena alasan tertentu, anda bisa menjualnya dengan cukup cepat namun tetap dimahar dengan harga yang cukup tinggi. Tips menjual laptop bekas dengan harga tinggi tentunya tidak asal-asalan karena anda akan bersaing dengan penjual laptop bekas lainnya. Untuk itu diperlukan trik dan siasat khusus agar penjualan laptop bekas dapat berhasil dilakukan walaupun dipatok dengan harga yang masih relatif tinggi.

Bagi anda yang penasaran dengan trik jual laptop cepat harga tinggi, silahkan disimak ulasan singkat berikut ini.

Tips Jual Laptop Supaya Cepat Laku dengan Harga Tinggi

  1. Percantik Tampilan Luarnya

Impresi pertama calon pembeli akan terstimulasi dari sisi tampilan luar barang yang akan dibeli. Begitu juga ketika anda menawarkan laptop bekas, pastikan tampilan luarnya sudah dipercantik. Apabila terdapat kerusakan segera perbaiki. Sederhananya, anda bisa membersihkan laptop dari debu-debu dan kotoran yang menempel pada layar, keyboard dan bagian bodi laptop lainnya menggunakan pembersih dan lap khusus. Bila perlu pasang juga anti gores pada bagian layar laptop sehingga memberikan kesan bahwa pemilik sebelumnya sangat apik dan laptop benar-benar terawat dengan baik.

  1. Jual Pada Calon Pengguna

Harga jual laptop cenderung rendah bisa disebabkan oleh target calon pembeli yang ternyata adalah reseller. Jika dibandingkan antara pembeli sebagai reseller dan pembeli sebagai pemakai langsung akan sangat beda sekali ketika melakukan negosiasi harga. Harga laptop bekas yang anda tawarkan cenderung tidak akan meleset jauh ketika ditawarkan pada si pemakai karena memang laptop tersebut bertujuan untuk dipakai secara personal dan bukan untuk dijual kembali sehingga mendapatkan keuntungan dengan menaikkan kembali harga jualnya. Calon pembeli yang benar-benar membutuhkan laptop yang anda jual tidak akan bernegosiasi harga terlalu alot sehingga kemungkinan harga jualnya akan tetap stabil sesuai dengan harga bekas yang anda patok.

  1. Pasang Ulang Software

Hal lain yang perlu anda perhatikan ketika akan menjual laptop bekas adalah bagian softwarenya. Perangkat lunak pada laptop ketika sudah lama terpasang dan dipergunakan tentu kinerjanya tidak akan segesit ketika pertama kali dipasang. Untuk itu sebaiknya anda install ulang software di laptop terlebih dulu sebelum hendak dijual. Selain memberikan kesan baru, software yang masih fresh juga akan memberika kesan tersendiri bagi calon pembeli yang melihat-lihat dalaman laptop tersebut.

Softawe yang telah lama terpasang di laptop juga akan cenderung sedikit atau bahkan cukup lemot saat dioperasikan. Dengan meng-install ulangnya kinerja software akan menjadi gesit kembali dan ini tentu akan sangat disukai oleh calon pembeli.

  1. Ganti Sparepart

Jika diperlukan, anda juga bisa mengganti sparepart laptop dengan kondisi baru. Misalnya saja bagian keyboard laptop sudah hilang sebagian karakter hurufnya atau ada tombol yang tidak bekerja dengan baik, anda bisa segera menggantinya dengan yang baru sebelum memutuskan untuk dijual agar harga jualnya tidak anjlok.

  1. Lengkapi dengan Aksesoris

Untuk menarik minat beli dari calon konsume, laptop yang anda jual bisa ditambahi dengan perlengkapan pendukung lain seperti mouse, speaker, cd/dvd software, atau bahkan software premium dan lain sebagainya. Dengan begitu harga jual laptop bekas yang anda tawarkan bisa dipatok pada kisaran harga yang tidak tergeser jauh dari harga barunya.

Selain dari kelima tips tadi, agar jual laptop bekas bisa cepat dan tetap terjual mahal, anda harus tanamkan dalam diri untuk menjadi penjual yang jujur dan tidak melebih-lebihkan barang yang dijual serta memberitahukan kepada calon pembeli jika memang terdapat kecacatan pada barang. Dan jangan lupa untuk mem-back up dan hapus data pribadi yang ada pada laptop sebelum dijual.